Skip to main content

Metode Tracer Study Menjadi Ujung Tombak Pendidikan Vokasi

Pendidikan Vokasi berkaitan erat dengan ketenagakerjaan.Oleh Karena itu pada dasarnya Pendidikan Vokasi adalah pendidikan yang menyiapkan peserta didik untuk siap kerja atau wirausaha sesuai keterampilan  dan keahlian yang dimiliki.
Kegiatan ini untuk mendapatkan informasi  tentang ketenagakerjaan dan  dunia kerja  pada level Kabupaten atau kota, provinsi dan Nasional.
Namun Peluang keterampilan yang telah Di ajarkan  hasil kajian masih terdapat salah satu kesenjangan  yang harus Di ukur adalah penelusuran pendidikan Vokasi (tracer study).
Konsep ideal bagi Yang telah menyelesaikan studi dan lulusan dari satuan pendidikan adalah
1.Bekerja sesuai keterampilan yang di miliki
2.Melanjutkan pendidikan 
3.Wirausaha
Potensi  kesenjangan diatas perlu dijawab dengan melalui penelusuran  atau tracer study. Desain yang dibuat  oleh Ditjen Diksi membuat desain tracer study tahun 2021 yang di kemas melalui metodologi survei dan statistik. Hasilnya menjadi  data primer  untuk bahan perumusan kebijakan.
Juknis atau tugas tracker study  satuan Tim Gugus Kursus Dan Pelatihan adalah sebagai berikut :
1.Penanggungjawab adalah Ketua Bursa Karir Kursus Dan Pelatihan  (Bukasuslat)Kabupaten/Kota
2.Timnya dari Pengurus Bukasuslat, Organisasi Mitra, pengelola LKP, Instruktur LKP Dan Admistrasi.
Kebijakan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaann(Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim  untuk mencapai merdeka Belajar dengan Konsep 8+i adalah 
1. Penguatan aspek softskill ,hardskill dan karakter keberkerjaan.
2. Pembelajaran berbasis proyek rill di dunia kerja
3. Peningkatan  Peran guru melalui Pelatihan.
4. Praktek Lapangan satu semester agar siap terjun Di dunia usaha Dan industri
5. Lulusan harus sesuai kebutuhan dunia kerja.
6. Pelatihan untuk pengetahuan Teknologi
7. Lakukan Teaching factory sesuai kebutuhan
8. Komitmen  serapan dunia kerja
Untuk i.,..bisa  kolaborasi atau sinergi.sehingga menghasilkan Perubahan yang mampu menjadi wirausahawan baru menuju masa depan Yang lebih baik.
Dalam sambutannya via Online zoom saat pembukaannya Direktur Kemitraan Dan Penyelarasan Dunia Usaha Dan Dunia Industri  ungkap Saryadi,S.T,M.BA   agar Gugus Tugas Tracer study  mendapatkan informasi Kompentensi  hardskill Dan softskill Dalam kegiatan ini Dilakukan bersama Di Jawa tengah,Jawa Timur Dan Banten di buat tahap 2 untuk area Jakarta,Banten Dan lampung, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Prov Banten Dr.H.Tabrani,M.Pd hadir Di saat pembukaan acara Ini Forbis Serang 16/09/2021.

Apa itu BUKASUSLAT?
Bursa Karier Kursus dan Pelatihan (Bukasuslat) merupakan wadah untuk membuka Bursa Karier dari lulusan Lembaga Kursus dan Pelatihan  yang telah dibuat platfrom BUKASUSLAT untuk aktulisasi dan melamar pekerjaan, Mitra yang sedang membuka lowongan.
Tujuan Bukasuslat ini mengurangi pengganguran dan memberikan informasi pekerjaan tetapi lebih luas mengatasi kesenjangan antara supply dan demand. Misal Data kebutuhan tenaga kerja Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sesuai dengan kualifikasi  dan kompentensi serta wilayah tertentu dalam memnyediakan calan tenaga kerja trampil dan kebutuhan data penting yang dibutuhkan dalam target penyeralasan
Silakan klik link ini

sedangkan bagi penyelenggara atau pun alumni bagi yang ingin bergabung silakan klik info di bawah ini.


Kegiatan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan  Riset dan Teknologi dalam rangka membentuk Gugus Tugas dan pelaksanaan Tracer Study yang di wakili oleh Organisai Mitra baik HIPKI maupun FPLKP, dari Unsur Perguruan Tinggu, Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Bursa karir Kursus dan Pelatihan (Bukasuslat) dimana akan bertugas untuk melakukan Tracer Study dalam mengumpulkan data, melengkapi data calon responden, dan membuat laporan untuk laporan kepada tim tracer study Diksi sehingga mendapatkan gambaran apa yang terjadi di dunia pendidikan dan dunia kerja dengan sebenarnya.(Serang 16-17 September 2021)






Comments

Popular posts from this blog

Pemberdayaan dan edukasi Ekonomi Melalui Koperasi Produsen Komunitas (KOKOM)

KOPERASI PRODUSEN KOMUNITAS TOPI BAMBU TANGERANG Tangerang, 21 Januari 2019 Koperasi Produsen Komunitas Topi Bambu (KOKOM) berusaha untuk menggiatkan para anggotanya dalam menghasilkan produk sekaligus mengkoordinir pemasarannya. Tahun 2015 KOKOM didirikan untuk menjalankan roda ekonomi desa bagi masyarakat yang memiliki produksi usaha yang berada di wilayah Tangerang diantaranya bidang kuliner, kerajinan, fashion, seni budaya dan lain sebagainya. Untuk itu, KOKOM ingin menjadi wadah penggerak ekonomi masyarakat bagi UKM dan pelaku ekonomi kreatif. Dengan tujuan mengurangi pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan menciptakan wirausaha baru yang bersumber pada kearifan lokal. Agar para anggota memiliki keterampilan dan profesionalisme, produktif, kreatif dan berdaya saing serta berwawasan lingkungan. Sejak agustus 2018 lalu Assisten Deputi Pemasaran Kementrian Koperasi dan UMKM dan staf kementrian Koperasi dan UMKM RI sambangi Koperasi Produsen atau KOKOM serta UKM bambu

Pemberdayaan Masyarakat Bersama Mahasiswa KKN

Pasanggrahan, Cisoka 8 Agustus 2016. Kegiatan mahasiswa dalam memberikan aplikasi hasil belajar di lakukan melalui Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah bagian Kelompok HANUSA  untuk memberikan sharing produk hasil anyaman bambu. Kabupaten Tangerang sejak 1904 tahun lalu telah membuat bahan anyaman bambu untuk di jadikan topibambu dan produk lainya. Bentuk nyata kerajinan ada di Kabupaten Tangerang telah terbukti dengan logo Pemda melalui Topibambu sejak 73 tahun lalu. Komunitas topibambu dan Akademi Bambu Nusantara bersama sama dengan KKN Hanusa  Kampus Syarif Hidayatullah. Semoga hasil yang telah di laksanakan tersebut dapat memberikan informasi  dan memberikan kerjasama untuk pemasaran. Sharing pemanfaatan produk Pemberdayaan Masyarajat KKN Hanusa Seminar Kewirausahaan

Produk Anyaman Model Tas Bambu TEI 2019

Inovasi produk anyaman bambu dikombinasikan dengan berbagai bahan, di bawah ini beberapa model anyaman bambu. Produk : Tas Bambu Bulat Motif Model : AD-0002 Produk : Tas Anyaman Bambu Bulat Model : AD -0001 Produk Tas Bambu Batik Model : AD-0003 Produk Tas Bambu Batik Model : AD-0004 Produk Tas Bambu Bulat natural Model : AD-0004 Produk dompet anyaman bambu Model : AD-0005 Produk Dompet Natural Model : AD-0006 Produk tas anyaman batik Nusantara Model : AD-0007